08/08/10

Redenominasi

Ketika pertama kali mendengar kata itu,, kata pertama yang muncul diotak saya adalah inflasi,, bangkrut,, indonesia hancur...

dengan cepat saya mulai mengkalkulasikan harta kekayaan saiaa plus hutang2,, hasilnya defisit negara...

makin parno,, segera konfirm ke teman2 perbankan.. cari info hal yang terjadi sebenarnya.. akhirnya dengan penjelasan yang se-adanya gw menyimpulkan bahwa:




Arti Redenominasi

Wikipedia: Redenominasi adalah pemotongan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Pemotongan nol biasanya tiga buah di belakangnya.

Contohnya: Uang Rp. 1.000,- dipotong menjadi Rp. 1,- maka harga beras Rp. 12.000,- menjadi Rp. 12,-.

Jadi (sementara ini) kita tidak (perlu) takut dengan Redenominasi Rupiah dan Redenominasi berbeda dengan Sanering atau pemotongan daya beli masyarakat melalui pengguntingan mata uang yang kerap dilakukan negara dalam kondisi inflasi yang tinggi.

Lalu, apa perlunya redenominasi rupiah untuk Indonesia?
Redenominasi diperlukan untuk memperbaiki atau mengatasi inefisiensi yang bisa terjadi akibat makin tingginya waktu dan biaya transaksi yang diperlukan karena nilai transaksi di tengah masyarakat semakin lama semakin besar. Manfaat keduanya adalah mengatasi inefisiensi pembangunan infrastruktur untuk sistem pembayaran nontunai yang biasanya memakan biaya yang cukup signifikan.


sementara ini info yang gw trima dari seputaran mengenai si Redenominasi ini sii cukup laa.. setidaknya gw belom perlu banting tulang buat bayar hutang2 gw... wakakaka :))

3 komentar:

miseuputyi mengatakan...

tumben postingan ci serius kene creng..ahahaha masi ga ngerti dengan redenominasi..trus kalo 3 angka nol dihilangkan gimana dengan mata uang rupiahnya??tar ga ada lagi duit 1000 donk?yang ada duit Rp.1..anehh, trus kalo tarif nelpon ke sesama operator Rp.0,05 jadi berapa???

NenoNeno mengatakan...

nilainya ga berubah kok, cuma angkanya aja. so no worries. :)

QWERTY_LADY mengatakan...

@p3: lo bagi aja 0,05/1000
kalo kata gw mah grateeess... wakakaka.. kaya dolar deh angkanya,, tapi nilainya jauh...

@neno: tapi jadi aneh ah... ntar musti pake cent lagi donk... ribet ah...